Wisuda Perdana di Kampus Pertama Labuan Bajo, Ini Harapan untuk para Lulusannya

  • Whatsapp

Politeknik eLBajo Commodus telah mewisuda 24 mahasiswa angkatan pertama Diploma III pada Sabtu 2 Oktober 2021. Politeknik eLBajo Commodus adalah kampus pertama di Labuan Bajo yang lulusannya diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Secara keseluruhan 24 lulusan diploma III tersebut telah terserap ke industri, dan diharapkan sumber daya manusia di Manggarai Barat secara bertahap akan sejajar dengan daerah lain,” kata Direktur Politeknik eLBajo Commodus I Putu Astawa usai wisuda perdana tersebut.

Astawa mengatakan Politeknik eLBajo Commodus Labuan Bajo memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan kompetensi para mahasiswa. Setelah lulus, para mahasiswa tidak hanya mendapatkan ijazah, melainkan sertifikat kompetensi sesuai bidang ilmu masing-masing.

Dia berharap, lulusan Politeknik eLBajo Commodus Labuan Bajo siap hadir di tengah masyarakat berbekal ilmu yang telah mereka dapat di kampus. Di antara para lulusan perdananya, sebanyak 6 orang berasal dari Program Studi perhotelan dan 18 lulusan Program Studi Ekowisata.

Selain berfokus pada peningkatan kualitas mahasiswa, Politeknik eLBajo Commodus Labuan Bajo juga berkomitmen untuk mengembangkan kualitas para dosennya. Beberapa kini telah mendapatkan beasiswa menjadi dosen magang di Bali dan industri di luar NTT.

Berikutnya, Astawa mengungkapkan, Politeknik eLBajo Commodus Labuan Bajo ingin meningkatkan fasilitas khusus teknologi informasi. Secara spesifik dia menyebut laboratorium yang berfokus pada teknologi untuk dapat menunjang pengembangan pariwisata Manggarai Barat dan pengembangan kurikulum peserta didik.

Politeknik eLBajo Commodus sebagai bagian penting dalam pengembangan pariwisata Manggarai Barat ke depan juga diakui Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF). Badan ini berjanji akan terus berkolaborasi dengan satu-satunya kampus di Labuan Bajo ini untuk bisa dihasilkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang bisa sekolah dan mengenyam pendidikan tinggi.

“Politeknik eLBajo Commodus telah mengukir sejarah baru yang mana peningkatan kualitas SDM tidak lagi sebatas wacana,” kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina usai mengikuti seremoni wisuda perdana politeknik itu.

Dalam kesempatan tersebut, Shana juga mengapresiasi kehadiran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XV yang akan mengakomodasi perguruan tinggi di NTT. Menurutnya, tugas semua pihak untuk terus mengembangkan SDM NTT. Peningkatan kualitas tidak sekadar kualitas pendidikan, yakni mahasiswa, tetapi juga pengajar, fasilitas, dan semua komponen di dalamnya.

“Mari kita berpikir untuk membangun pariwisata Labuan Bajo kelas dunia dengan SDM kelas dunia juga,” kata dia.

Related posts