Singapura Tawarkan Wisata Gowes, Lihat Pilihan Rute Jalur Sepeda yang Indah

  • Whatsapp

Bersepeda menjadi salah satu tren yang muncul di tengah pandemi. Aktivitas naik sepeda tersebut dinilai memberikan manfaat kesehatan serta hiburan di saat yang sama.

Jumlah pesepeda pun meningkat, termasuk di Singapura. Menurut Channel News Asia, pesepeda di Singapura naik 68 persen pada Januari 2021. Negeri Singa pun memiliki rute jalur sepeda yang indah dan cocok untuk destinasi wisata sepeda dengan beragam fasilitas yang mendukung.

Berikut rute jalur sepeda di Singapura yang bisa dikunjungi saat kunjungan sudah dibuka menurut Singapore Tourism Board:

Rower’s Bay Park

Jalur ini sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Yishun dan Punggol. Daya tarik dari jalur sepeda ini adalah Seletar Reservoir (waduk), dengan menara paviliun, terasering dan rawa. Kawasan Seletar Aerospace Park juga menyediakan tempat istirahat, toilet, pengisian daya listrik dan mesin penjual otomatis yang menjual peralatan sepeda. Di sini juga terdapat stasiun perbaikan sepeda swadaya (self help). Jangan lupa berfoto di kawasan ini.

Distrik Punggol

Jalur sepeda ini menawarkan jalur sepeda perkotaan dan taman. Distrik Punggol sendiri terkenal sebagai salah satu distrik yang disukai pesepeda karena memiliki lanskap yang beragam dari perkotaan, tepi sungai, taman ilalang dan laut.

Rute sepeda yang direkomendasikan dimulai Punggol Park, Punggol Container Park, Lorong Halus Wetlands, Punggol Promenade Nature Walk, dan berakhir di Waterway Point.

Eastern Coastal Loop

Sepanjang rute ini pesepeda akan menemukan pemandangan bangunan ikonik Singapura seperti Supertree Grove dari Gardens by the Bay, Gedung Marina Bay Sands, Roda Oberservasi Singapore Flyer, Gedung Teater Esplanade dan Patung Merlion. Rute ini sangat cocok bagi wisatawan yang sekaligus ingin menyambangi bangunan ikonik negeri Singa.

Rute pesepeda yang direkomendasikan pada jalur ini mulai dari East Coast Park, Changi Village Hawker Centre, Marina Barrage dan Gardens by the Bay.

Southern Ridges Loop

Jalur sepeda ini bagi pesepeda yang juga menyukai alam, pegunungan hijau dan suasana sepi yang agak jauh dari perkotaan. Mulailah perjalanan bersepeda dari Kent Ridge Park, lanjutkan ke Alexandra Arch &Forest Walk, Henderson Waves, Arbora Hilltop Garden &Bistro, dan berakhir di Singapore Cable Car. Demi pengalaman terbaik, sebaiknya bersepeda saat pagi hari.

Related posts