Selain Jadi Ragi Adonan, Berikut 5 Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Baking soda merupakan salah satu zat yang digunakan agar adonan mengembang, tampilan dan cita rasa kue lebih mantap, serta tidak bantat. Namun, di samping manfaatnya sebagai ragi, bisakah baking soda digunakan untuk merawat diri?

Mengutip actforlibraries.org, baking soda merupakan zat yang terbuat dari natrium bikarbonat, atau dikenal juga sebagai natrium hidrogen karbonat, garam monosodium dari asam karbonat, dan soda bikarbonat. Meski memiliki banyak julukan, semuanya tetaplah NaHCO3. Walaupun umumnya untuk bahan adonan, baking soda memiliki manfaat kesehatan lain, meliputi:

1. Meredakan Sariawan

Melansir healthline.com, beberapa penelitian telah menemukan manfaat baking soda sebagai obat kumur pereda rasa sakit akibat sariawan. Caranya dengan berkumur menggunakan campuran air dan baking soda sebanyak sekali sehari, sampai sariawan reda atau sembuh.

2. Memutihkan Gigi

Banyak penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak dibanding pasta gigi tanpa baking soda.

Ini mungkin karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang memungkinkannya memutuskan ikatan molekul yang menodai gigi. Ia juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya.

3. Mengurangi Bau Ketiak

Pada dasarnya keringat manusia tidaklah bau. Ia menjadi bau akibat terkontaminasi bakteri pada kulit ketiak. Bau dihasilkan saat bakteri mengubah keringat menjadi produk limbah asam. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menaburkan bubuk baking soda tepat pada ketiak untuk mengurangi bau ketiak yang terlalu asam.

4. Face Exfoliator

Berdasar laman draxe.com, baking soda dapat digunakan sebagai pengangkat sel kulit kering pada wajah. Caranya cukup mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan setengah cangkir air, kemudian aplikasikan ke wajah dengan cara digosok perlahan dengan gerakan melingkar. Namun, penggunaan baking soda pada wajah tidak boleh terlalu sering, karena dapat merusak keseimbangan pH kulit Anda.

5. Pereda Gatal Gigitan Serangga

Selain dapat mengangkat kulit mati, baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan alami pereda gatal gigitan serangga. Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dalam air untuk menghasilkan pasta, lalu aplikasikan pada kulit sebanyak tiga kali sehari atau sampai rasa gatal hilang.

6. Mengurangi Bau Nafas Tak Sedap

Mengutip artikel kesehatan blackdoctor-org.cdn, baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pereda bau mulut. Yaitu dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air, lalu menggunakannya untuk kumur-kumur, kemudian dibilas. Campuran baking soda pada mulut dapat membantu mengurangi asam, dan menetralkan bau mulut tak sedap.

DELFI ANA HARAHAP

Related posts