Postur Tubuh Bungkuk Bisa Sebabkan Masalah Pernapasan, Ini Penyebab Bungkuk

  • Whatsapp

Postur tubuh yang buruk atau bungkuk dapat mengurangi kepercayaan diri. Bungkuk dapat terjadi karena berbagai faktor seperti melakukan tugas-tugas sederhana seperti duduk atau situasi yang lebih serius seperti terlibat dalam kecelakaan.

Inilah penyebab tubuh bungkuk dilansir dari Wholebodysolutions.org:

1. Postur duduk yang bungkukMembungkuk biasanya terjadi saat duduk. Apakah Anda 100 persen fokus pada suatu tugas atau hanya tidak menyadari postur tubuh Anda, kebiasaan sehari-hari ini dapat memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan Anda. Karena membungkuk bukanlah posisi tubuh yang alami, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit yang mengganggu di leher, bahu, dan punggung Anda.

2. Menggunakan telepon AndaKebanyakan orang saat ini membungkuk atau memiringkan kepala mereka ketika mereka melihat smartphone mereka. Hal ini semakin membebani tulang belakang, terutama apabila menggunakan smartphone dengan sering.

3. WhiplashTerlibat dalam kecelakaan, entah itu tabrakan kendaraan atau karena olahraga seringkali mengakibatkan whiplash. Cedera tak terlihat ini disebabkan oleh gerakan paksa kepala dan leher secara tiba-tiba, dengan gejala yang membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk muncul ke permukaan. Sakit leher, sakit punggung, dan kelelahan hanyalah beberapa gejala whiplash umum yang memengaruhi postur Anda.

4. Posisi tidur yang salahTidur dengan posisi yang salah juga dapat memengaruhi postur Anda. Banyak area tubuh seperti persendian, otot, dan saraf terpengaruh saat Anda tidur dengan cara yang salah, sehingga menyebabkan postur tubuh yang buruk keesokan harinya.

5. StresPostur tubuh yang buruk tidak hanya disebabkan oleh faktor fisik tetapi juga faktor emosional. Stres menyebabkan otot-otot tertentu dalam tubuh berkontraksi atau mengencang. Ketika ini sering terjadi, otot-otot ini menjadi lebih sulit untuk menopang tulang belakang dan mempertahankan posisi vertikal.

6. Membawa tas yang beratMenggendong tas yang berat untuk waktu yang lama dapat membuat punggung Anda tegang. Jika Anda membawa tas dengan satu tali di bahu yang sama, berat yang tidak seimbang dari tas akan menyebabkan bahu menjadi lebih rendah sebelah.

7. Usia tua dan kelebihan berat badanSeiring bertambahnya usia, postur tubuh Anda mulai menjadi bungkuk dan menyulitkan tulang belakang untuk tetap tegak. Postur tubuh bungkuk dapat menyebabkan banyak masalah seperti keseimbangan yang buruk, jatuh, dan masalah pernapasan.

Berat badan yang berlebihan di sekitar bagian tengah tubuh Anda juga menjadi salah satu faktor karena postur tubuh Anda akan menyeimbangkan beban tambahan dengan memaksa panggul Anda ke depan dan memberikan lebih banyak tekanan pada punggung bawah.

VALMAI ALZENA KARLA

Related posts