Merunut Personality Disorder dari Sebab, Gejala hingga Terapi

  • Whatsapp

Personality disorder atau yang biasa disebut gangguan kepribadian merupakan istilah yang cukup umum di telinga publik. Personality disorder merupakan gangguan mental saat seseorang memiliki pola berpikir, berfungsi, dan berperilaku yang menyimpang.

Pengidap gangguan kepribadian mengalami kesulitan memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang lain. Hal ini bisa menyebabkan masalah dan keterbatasan yang signifikan dalam hubungan, kegiatan sosial, pekerjaan dan sekolah.

Melansir dari Mayo Clinic, gangguan kepribadian biasanya dimulai pada masa remaja atau dewasa awal. Ada banyak jenis gangguan kepribadian. Beberapa jenis mungkin menjadi kurang jelas sepanjang usia paruh baya.

PenyebabKepribadian adalah kombinasi dari pikiran, emosi, dan perilaku yang membuat Anda unik. Kepribadian merupakan cara Anda pandang, memahami, dan berhubungan dengan dunia luar, serta bagaimana Anda melihat diri sendiri. Kepribadian terbentuk selama masa kanak-kanak, dibentuk melalui interaksi:

Faktor atau penyebab personality disorderMeskipun penyebab pasti gangguan kepribadian tidak diketahui, faktor-faktor tertentu tampaknya meningkatkan risiko mengembangkan atau memicu gangguan kepribadian, termasuk:

Gangguan kepribadian dapat secara signifikan mengganggu kehidupan pengidapnya dan orang sekitarnya. Gangguan kepribadian dapat menyebabkan masalah dengan hubungan, pekerjaan atau sekolah, dan dapat menyebabkan isolasi sosial atau penyalahgunaan alkohol atau narkoba.

Apa saja gejalanya?Jenis gangguan kepribadian dikelompokkan menjadi tiga kelompok, berdasarkan karakteristik dan gejala yang serupa. Banyak orang dengan satu gangguan kepribadian juga memiliki tanda dan gejala setidaknya satu gangguan kepribadian tambahan. Tidak perlu menunjukkan semua tanda dan gejala yang tercantum untuk gangguan yang akan didiagnosis.

Kapan harus menemui dokter?Jika Anda memiliki tanda atau gejala gangguan kepribadian, temui dokter Anda atau profesional perawatan primer lainnya atau profesional kesehatan mental. Tidak diobati, gangguan kepribadian dapat menyebabkan masalah signifikan dalam hidup Anda yang mungkin bertambah buruk tanpa pengobatan.

Terapi untuk gangguan kepribadianPsikoterapi adalah cara utama untuk menangani dan mengobati kondisi mental seperti gangguan kepribadian. Dapat disebut juga sebagai “terapi bicara,” terapis menangani pasien dengan mendorong mereka untuk berbicara tentang kondisi, perasaan, pikiran, suasana hati, dan perilaku mereka.

VALMAI ALZENA KARLA

Related posts