Mengapa Warna Paspor Setiap Negara Berbeda-beda?

  • Whatsapp

TEMPO.CO, Jakarta – Paspor menjadi piranti penting bagi para wisatawan atau travelers yang akan mengunjungi negara-negara di dunia. Layaknya kunci, dokumen ini digunakan untuk masuk ke negara tujuan. Setiap negara di dunia mempunyai warna paspornya masing-masing. Namun, tahukah bahwa sejatinya hanya ada empat warna paspor umum yang digunakan di dunia. Lantas, apa arti dari warna-warna dalam paspor tersebut?

Sejatinya, tidak banyak warna paspor di dunia dan sebagaimana dikatakan dalam laman thescottishsun.co.uk, hanya terdapat empat jenis warna paspor di dunia. Keempat warna tersebut adalah merah, biru, hijau, dan hitam. Meskipun hanya terdiri atas empat warna, tetapi jenis-jenis warna yang digunakan beragam. Misalnya, jenis paspor warna biru terdapat warna biru tua dan warna biru muda. Paspor merah dapat menggunakan warna merah anggur dan warna cerah.

Walaupun tidak ada pedoman internasional yang ketat untuk paspor, tetapi pemilihan warna paspor mempertimbangkan budaya, politik atau kepercayaan tiap masing-masing negara. Dilansir dari berbagai sumber, berikut makna keempat warna pada password:

Merah

Warna merah dalam paspor merupakan warna yang paling populer di dunia. Sebagaimana dijelaskan dalam laman iota-group.com, kebanyakan paspor warna merah digunakan bagi negara-negara yang menganut sistem komunis. Beberapa negara yang menggunakan warna merah pada paspornya yaitu China dan Rusia.

Biru

Dijelaskan dalam laman iota-group.com, paspor biru dikenal juga sebagai paspor biasa atau paspor turis. Warna biru juga merepresentasikan makna ‘dunia baru’. Mengutip laman passporthealthusa.com, sebagian besar sampul biru digunakan oleh warga negara Amerika Serikat (AS) dengan tujuan untuk berpergian ke luar negeri. Biasanya paspor biru dimiliki oleh warga AS yang berkunjung sebagai turis, pengusaha, kru penerbangan, urusan pendiidikan, dan pekerjaan.

Hijau

Paspor hijau biasanya digunakan bagi negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Mengutip laman passporthealthusa.com, warna hijau merupakan warna kesukaan Nabi Muhammad SAW sekaligus mewakili warna alam semesta. Afghanistan, Indonesia, Iran, dan Maroko adalah negara-negara yang menggunakan paspor hijau.

Hitam

Dikutip dari laman iota-group.com, paspor warna hitam tergolong jenis paspor langka. Beberapa negara yang menggunakan warna hitam untuk sampul paspor di antaranya Malawi, Republik Tajikstan, Republik Dominika, dan Trinidad & Tobago.

NAOMY A. NUGRAHENI

Related posts