Mengapa saat Bersin Mata Otomatis Menutup?

  • Whatsapp

Setiap manusia pasti pernah mengalami bersin entah di mana pun dan kapan pun. Ya, reaksi seperti ini seringkali datang secara tiba-tiba dan tak terduga.

Namun bila diperhatikan secara saksama, saat seseorang mengalami tindakan bersin maka secara otomatis ia akan menutup matanya. Reaksi menutup mata ini merupakan tindakan yang dilakukan secara tiba-tiba serta tanpa disadari.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apa kaitannya antara bersin dan reaksi kelopak mata yang tertutup? Dilansir dari jurnal.fk.umi.ac.id, saat manusia mengalami bersin, maka saat itu pula hidung akan kemasukan kuman, bekteri, debu, polutan, alergen, dan material-material kecil lainnya.

Dengan itu, otak akan secara otomatis akan langsung bereaksi dan mengirim sinyal untuk mengusir partikel asing tersebut agar keluar dari tubuh. Dalam tahap ini pula, otot pada kelopak mata juga ikut diperintahkan oleh otak agar bisa berkontraksi saat bersin. Otot pada kelopak mata nantinya akan melindungi mata dari objek asing yang kemungkinan besar hendak masuk atau menyentuh bola mata.

Dari situ pula, tidak heran bila kelopak mata akan terpejam secara tiba-tiba. Hal itu terjadi lantarana mata akan melindungi dirinya dari kemasukan partikel halus atau material asing yang keluar dari hidung dan mulut saat manusia mengalami bersin.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Related posts