Kulit Pisang Jangan Dibuang, ini Khasiatnya dan Begini Cara Konsumsinya

  • Whatsapp

TEMPO.CO, Jakarta – Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Buah kesukaan tokoh kartun Minions tersebut dikenal dengan rasa daging buahnya yang manis. Namun, selain daging buahnya yang segar, ternyata bagian kulit pisang juga dapat dikonsumsi dan menyimpan segudang manfaat bagi tubuh.

Meskipun masih terdengar aneh bagi sebagian orang, ternyata kulit pisang dapat dikonsumsi. Hal ini sebagaimana dijelaskan laman healthyline.com, bahwa kulit pisang selain dapat dimkaan, juga diperkaya beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut di antaranya kalium, lemak tak jenuh, dan asam amino esensial. Kulit pisang juga mengandung serat makanan yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Potassium dan antioksidan yang dikandung oleh kulit pisang memberikan dampak positif bagi tubuh. Melansir laman webmd.com, potassium dikenal dapat mengatur tingkat tekanan darah, meminimalisir riisko batu ginjal, dan melindungi pengroposan tulang. Kulit pisang dapat pula dijadikan sebagai sumber antioksidan yang dapat mengurangi tubuh terkena penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Untuk mengonsumsi kulit pisang, pastikan memilih pisang dengan kondisi yang sangat matang. Karena, dalam kondisi tersebut, kulit pisang terasa leih manis dan tipis. Kemudian, cuci bersih kulit pisang tersebut menggunakan air. Kulit pisang dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan tambahan dalam makanan.

Kulit pisang yang akan dimakan dapat dipanggang, direbus, atau digoreng terlebih dahulu guna melembutkan teksturnya. Di samping itu, kulit pisang juga dapat djadikan sebagai bahan tambahan atau pelengkap di beberapa makanan. Misalnya, dicampurkan pada smoothie atau sebagai isian roti. Memasukkan kulit pisang ke dalam masakan juga bukan ide yang buruk. Kulit pisang bahkan dapat ditambahkan ke tumis, kari, atau sandwich guna meningkatkan nilai gizi hidangan.

Pada dasarnya, kulit pisang dapat dinikmati dengan berbagai cara. Kulit pisang yang kaya akan nutrisi, seperti potasium, antioksidan, dan serat, baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sebagaimana dijelaskan laman stylecaze.com, hindari penyimpanan kulit pisang di dalam kulkas. Selain itu, apabila telah mengupas pisang, sebaiknya segera gunakan kulit pisang.

NAOMY A. NUGRAHENI

Related posts