Kebun Binatang Bandung Galang Sumbangan untuk Pakan Hewan

  • Whatsapp

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) membuka saluran donasi bagi masyarakat yang ingin membantu dalam penyediaan pakan bagi satwa penghuni kebun binatang. Saluran donasi itu dibuka selama kebun binatang itu tutup pada 1 sampai 14 Juli 2021.

“Bantuan pakan untuk satwa yang kami terima dari donatur bisa juga berupa daging sapi, daging ayam, buah-buahan, sayur-sayuran, dan pakan satwa lainnya,” kata Marketing Communication Bandung Zoological Garden Sulhan Syafi’i dalam siaran pers, Kamis, 1 Juli 2021.

Menurut Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2021, objek wisata termasuk Kebun Binatang Bandung harus ditutup dari 17 hingga 30 Juni 2021. Penutupan objek wisata kemudian dilanjutkan sampai 14 Juli 2021.

Dengan penutupan itu, otomatis pengelola tidak mendapatkan pemasukan. Kondisi tersebut membuat pengelola kesulitan memenuhi kebutuhan operasional kebun binatang, termasuk kebutuhan pakan satwa.

Kebun Binatang Bandung setiap harinya harus menyediakan pakan bagi sekitar 850 satwa. “Setiap hari kita harus memberi satwa makan dan juga perawatan kesehatan yang nilainya hampir sekitar Rp300 jutaan per bulan. Artinya kita cukup menguras kantong tabungan perusahaan,” kata Sulhan.

Saat ini, pengelola bahkan sudah memotong gaji 84 karyawan untuk memperkecil pengeluaran. “Karenanya manajemen dengan tangan terbuka bila ada yang pihak yang ingin membantu menyumbangkan pakan untuk satwa,” kata Sulhan.

Selama ini, menurut Sulhan, pengelola sudah berupaya melakukan modifikasi dan penyesuaian guna menghemat biaya penyediaan pakan satwa. Namun upaya itu harus dilakukan dengan tetap memperhatikan kesehatan satwa.

“Faktor kesehatan juga harus dilihat dalam modifikasi pakan karena jangan sampai modifikasi atau pengurangan berdampak pada kesehatan satwa,” kata Sulhan.

Sebelumnya, Kebun Binatang Bandung juga sempat melakukan penggalangan dana untuk menyediakan pakan satwa semasa penutupan kebun binatang periode Maret sampai Juni 2020.

Related posts