Kebiasaan Sehat yang Dapat Menggagalkan Usaha Penurunan Berat Badan

  • Whatsapp

Anda akan terkejut mengetahui bahwa bahkan beberapa kebiasaan sehat yang disarankan oleh ahli diet dan pelatih kebugaran dapat mempengaruhi perjalanan penurunan berat badan Anda secara negatif.

Berbicara tentang kelebihan berat badan, BMI tidak sehat, pesta makan, junk food, asupan alkohol, merokok dan gaya hidup adalah beberapa hal pertama yang dituduhkan. Untuk mengatasi ini, orang-orang mengandalkan diet, menghabiskan berjam-jam di gym, makan sehat dan beradaptasi dengan perubahan gaya hidup sehat. Sedikit orang yang mengerti bahwa melakukan kebiasaan sehat ini secara berlebihan juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kebiasaan sehat yang disarankan oleh ahli gizi dan ahli kebugaran dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Ini dapat membawa Anda menjauh dari tujuan kebugaran Anda tanpa memberi Anda petunjuk apa pun.

Melansir laman Times of India, menurut para ahli, makan berlebihan makanan sehat juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ada mitos populer bahwa makanan sehat dapat dikonsumsi dalam jumlah berapa pun dan tidak memiliki efek buruk pada kesehatan. Bahkan makan buah-buahan untuk menurunkan berat badan dapat menyebabkan peningkatan komponen fruktosa, yang dapat menyebabkan lonjakan asupan kalori.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan Anda, begitu juga dengan makanan sehat. Beberapa makanan meskipun rendah kalori dan gula dikemas dengan terlalu banyak kalori. Makanan seperti biji-bijian dan almond penuh dengan lemak sehat, serat dan protein harus dimasukkan dalam diet Anda. Tetapi ketika Anda makan lebih dari segenggam almond, asupan kalori meningkat secara drastis dan seiring waktu menyebabkan penambahan berat badan.

Padahal makan lebih sedikit bukanlah solusi untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya kita harus ingat untuk makan makanan padat nutrisi rendah kalori dalam jumlah sedang. Makanan seperti alpukat, ikan berlemak, sayuran, dan selai kacang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk menjaga penurunan berat badan Anda tetap terkendali.

Bahkan granola bar kemasan, minuman energi, dan buah-buahan kering dapat mendukung tujuan kesehatan, tetapi kandungan gula dan kalorinya dapat membawa Anda jauh dari BMI ideal Anda saat dikonsumsi tanpa berpikir. Jadi, bahkan makanan sehat pun harus dimakan dengan penuh perhatian untuk menjaga asupan kalori Anda.

Related posts