Fitur Baru Zoom Bantu Siswa Fokus Belajar Online, Ini Penjelasannya

  • Whatsapp

Aplikasi konferensi video Zoom telah mengenalkan fitur baru yang disebut Mode Fokus. Fitur ini bertujuan untuk membantu siswa tetap memperhatikan pelajaran selama kelas virtual dan tidak terganggu oleh orang lain.

Mode Fokus pada Zoom akan hadir dengan fleksibilitas untuk memungkinkan host memutuskan kapan peserta terlihat oleh orang lain selama rapat. Artinya guru akan memiliki kemampuan mematikan Mode Fokus di tengah-tengah kelas mereka untuk memungkinkan siswa berdiskusi bersama tentang topik tertentu.

Saat Mode Fokus diaktifkan, siswa di kelas virtual Zoom tidak akan dapat melihat rekan-rekan mereka. Namun, ini tidak berarti bahwa siswa hanya melihat guru mereka saja, karena masih dapat melihat video mereka sendiri serta nama dan reaksi emoji dari siswa lain yang menghadiri kelas yang sama. Mereka juga akan dapat mendengar siswa lain saat diaktifkan.

Tidak hanya untuk sekolah atau kelas daring, Mode Fokus juga bisa dimanfaatkan dalam rapat perusahaan virtual. Pengguna dapat menggunakan fitur ini selama rapat kantor, saat mempresentasikan sesuatu dan ingin rekan kerja memperhatikan apa yang ditunjukkan.

Pengalaman keseluruhan menyembunyikan peserta dari orang lain juga terdengar mirip dengan webinar. Tetapi Mode Fokus memberikan kemudahan yang memungkinkan tuan rumah memutuskan kapan mereka ingin menyembunyikan peserta dari orang lain dan kapan harus terlihat oleh semua orang.

Untuk mengaktifkan Mode Fokus, pengguna harus memiliki klien desktop Zoom versi 5.7.3 pada mesin Windows atau Mac. Artinya pengguna tidak akan dapat mengaktifkan fitur tersebut saat mengadakan rapat melalui perangkat seluler.

Namun, peserta di versi Zoom yang lebih lama masih akan terpengaruh oleh Mode Fokus dan tidak akan dapat melihat orang lain dalam rapat. Host dapat mengaktifkan Mode Fokus untuk semua pengguna di akun, grup, atau kumpulan pengguna tertentu.

GADGETS NDTV | THE VERGE

Related posts