Berikut 6 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Semangka merupakan buah yang kaya akan air. Selain itu juga semangka memiliki manfaat lain, salah satunya pada kulitnya.

Banyak orang mungkin tidak mengetahui hal ini meskipun kulit semangka dan bagian berwarna putih tidak mengandung banyak air seperti pada bagian daging namun bagus tersebut juga memiliki manfaat.

Kulit semangka mengandung vitamin C dan vitamin B-6. Kandungan ini membuat kulit semangka disebut baik untuk menyehatkan kulit dan sistem syaraf manusia. Selain dua manfaat tadi kulit semangka juga memiliki manfaat lain.

Berikut beberapa manfaat kulit semangka:

1. Dapat meningkatkan libidoSebuah penelitian menunjukkan manfaat pada kulit semangka dapat mengatasi masalah disfungsi ereksi tingkat ringan hingga sedang pada pria. Kandungan pada kulit semangka yang berupa asam amino citrulline terbukti dapat meningkatkan libido.

2. Meningkatkan kinerja olahragaSelain meningkatkan libido, asam amino citrulline juga dapat meningkatkan kinerja atletik. Citrulline dapat memicu pembesaran darah sehingga peredaran oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar. Sehingga dapat beraktivitas lebih lama dan kuat.

3. Menurunkan tekanan darahSama seperti sebelumnya, kandungan citrulline dapat dipercaya menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, termasuk juga bagian kulitnya cocok untuk dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah.

4. Menyehatkan saluran cernaKilis semangka memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus besar. Selain itu juga serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

5. Memperkuat kekebalan tubuhManfaat kulit semangka lainnya yaitu dapat memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada kulit semangka dapat merangsang produksi sel darah putih yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi dan pantogen asing yang masuk ke dalam tubuh.

6. Membantu menjaga kesehatan kulitKulit semangka mengandung Likopen, flavonoid, dan antioksidan yang dikenal dapat menurunkan efek radikal bebas dan stres oksidatif. Hal ini dapat meminimalkan munculnya noda, kerutan dan bintik-bintik panduan yang terlihat seiring bertambahnya usia.

Nah banyak juga ya manfaat dari semangka. Jadi lebih baik kulit semangka yang selama ini dibuang menjadi sampah lebih baik dimanfaatkan untuk kesehatan.

ASMARA AMIRAH

Related posts