Anda Perlu Tahu, Ini 5 Hewan Paling Setia terhadap Pasangannya

  • Whatsapp

Seperti manusia, hewan memiliki sifat alamiah untuk mencari pasangan dan bereproduksi. Kebanyakan hewan dapat bergonta-ganti pasangan seumur hidupnya. Meskipun demikian, beberapa di antaranya memiliki kecenderungan untuk bersikap setia pada pasangannya.

Berikut ini lima hewan paling setia terhadap pasangannya:

1. Angsa

Angsa adalah hewan yang bersifat monogami, artinya mereka hidup dan kawin hanya dengan satu pasangan tetap. Tidak seperti pasangan hewan monogami lainnya, angsa bersifat teritorial hanya saat musim bersarang yang pendek. Angsa kerap menjadi simbol cinta dan kesetiaan. Meskipun demikian, menurut laman Animals Home, angsa dapat “bercerai” karena kegagalan dalam bersarang atau pasangannya mati. Jika hal ini terjadi, angsa akan mencari pasangan lain.

2. Serigala

Serigala biasanya bepergian dengan kawanannya. Dikutip dari World Animal Protection, kawanan tersebut ternyata dapat terdiri dari beberapa keluarga inti. Serigala merupakan hewan yang setia. Mereka memiliki satu pasangan yang sama seumur hidupnya. Jika pasangannya mati, mereka akan mencari pasangan lainnya.

3. Siamang

Hewan primata ini bersifat teritorial dan ramah. Meskipun dikategorikan sebagai hewan yang setia, tidak semua siamang bersifat monogami secara seksual. Dikutip dari Animal Wised, siamang bertahan dengan satu pasangan untuk mempertahankan sumber kehidupannya dan mengurangi energi yang dibutuhkan untuk melindungi wilayahnya.

4. Berang-berang

Berang-berang akan setia kepada pasangannya hingga salah satunya mati. Keduanya akan bekerja, mempertahankan sarang, dan membangun bendungan bersama. “Berang-berang muda akan meninggalkan koloninya untuk membentuk yang baru jika persediaan makanan sudah mencukupi,” tulis seorang jurnalis khusus kehidupan dan kesejahteraan hewan, Josie F. Turner, dikutip Tempo dari laman Animal Wised, Kamis, 16 April 2020.

5. Angelfish Perancis

Pasangan Angelfish Perancis melakukan berbagai hal bersama-sama, dari berburu, bertempat tinggal, hingga melindungi wilayahnya. Ikan jenis ini kerap ditemukan setia kepada pasangannya hingga mati. Dikutip dari Animals Home, ada kasus yang menyebutkan Angelfish Perancis yang kehilangan pasangannya akan lebih memilih untuk hidup sendiri.

Kesetiaan hewan-hewan tersebut terhadap pasangannya berlaku hingga salah satunya mati. Meskipun beberapa dari mereka bergerak dalam kawanan, kesetiaan mereka tetap pada pasangannya.

DINA OKTAFERIA

Related posts