Airlangga Hartarto Sebut KEK Mandalika Sebagai Kawasan Sport Tourism Terlengkap

  • Whatsapp

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika sebagai KEK pariwisata terlengkap. Tidak hanya potensi wisata alam, di sana ada fasilitas sport tourism kelas dunia.

“KEK Mandalika merupakan salah satu kawasan yang memiliki sport tourism setelah dibangunnya sirkuit Mandalika,” kata Airlangga saat meninjau sirkuit Mandalika, Jumat, 15 Oktober 2021.

Menurut Airlangga, keberadaan sirkuit yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 itu berpotensi mengundang event internasional lain. Nantinya, kata dia, hal tersebut dapat memberikan dampak ekonomi yang besar.

Airlangga memperkirakan dalam satu kali event balapan MotoGP, potensi ekonominya bisa mencapai Rp 500 miliar. ”Untuk itu, kita juga berharap bahwa event yang akan digelar di Sirkuit Mandalika menjadi event sport tourism,” ujarnya.

WSBK dijadwalkan pada 19-20 November mendatang di Sirkuit Mandalika. Berikutnya adalah MotoGP yang direncanakan digelar pada Maret 2022.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer sebelumnya juga menyampaikan bahwa kawasan Mandalika bisa disiapkan untuk olahraga apapun dan siap menjadi destinasi sport tourism unggulan di Indonesia. Selain MotoGP dan WSBK, lanskap KEK Mandalika cocok untuk olahraga menikmati alam, baik olahraga air, trekking atau paralayang.

Related posts