9 Kota Tertua di Dunia, Ada Sejak 6.000 Tahun Sebelum Masehi

  • Whatsapp

Di dunia ini ada kota-kota dengan peringkatnya masing-masing. Ada peringkat kota paling bersih, kota paling indah hingga kota tertua. Kota tua bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang menyenangkan.

Biasanya, kota-kota tua ini menyimpan banyak sekali cerita di masa lalu yang menarik untuk disimak. Berikut ini ada deretan kota tertua di dunia menurut Times of India:

Athena, Yunani

Ada berbagai bukti yang menyatakan bahwa tempat tinggal manusia di Athena sudah ada sejak 5000 SM. Selama masa keemasannya, Athena telah menjadi tempat asal yang hebat seperti Hippocrates dan Socrates. Selain itu, Athena dikenal sebagai kota bersejarah karena memiliki banyak sekali peninggalan zaman Romawi, Bizantium dan Ottoman.

Rayy, Iran

Di tempat ini, terdapat bukti keberadaan penduduk yang dapat ditelusuri pernah hidup dari 6000 tahun sebelum Masehi. Kota ini dipercaya menjadi tempat yang suci di Avesta yang merupakan kitab suci Zoroastrianisme. Di sana juga terdapat Kastil Gebri yang berusia 3.000 tahun dan Bukit Cheshmeh Ali yang telah berumur 5.000 tahun.

Damaskus, Suriah

Menurut laporan, kota Damaskus didirikan sejak milenium ketiga SM. Arkeologi juga telah membuktikan bahwa kota ini telah memiliki penduduk sejak 8000 hingga 10000 SM. Hingga saat ini, Damaskus masih dihuni oleh penduduk dan dikenal karena memiliki banyak bangunan Islam pada zaman dulu.

Beirut, Lebanon

Kota yang memiliki museum dengan lebih dari 100.000 barang antik ini dinilai sudah memiliki kehidupan sejak 5000 tahun yang lalu. Berdasarkan hasil penggalian yang dilakukan pada 1990-an ada fakta lain yang mengungkap bahwa bukti tersebut berasal dari kota sejak sekitar 3000 SM.

Yerusalem, Israel

Tempat ini memiliki jejak kehidupan sejak 2800 SM. Kota yang banyak menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa dan sejarah yang panjang ini memiliki banyak cerita yang bisa diulas lebih dalam. Sampai sekarang, Yerusalem masih dihuni oleh banyak orang dan menjadi kota penting bagi beberapa agama besar, yaitu Islam, Kristen dan Katolik.

Faiyum, Mesir

Terletak di Mesir, Faiyum menjadi kota tertua yang telah ada sejak 4000 SM. Saat ini, Faiyum terkenal dengan koleksi mumi dari zaman dulu. Meskipun tak dihuni dengan jumlah yang terlalu banyak, tapi kota ini masih terus menjadi tempat bagi ratusan ribu orang.

Plovdiv, Bulgaria

Beralih ke Eropa, ada Plovdiv di Bulgaria yang menjadi kota tertua. Dimulai dengan pemukiman neolitik, lokasi ini banyak ditaklukan oleh banyak orang, termasuk Roma dan Yunani. Konon, Plovdiv telah ada sejak 6000 tahun lamanya.

Byblos, Lebanon

Kota tertua selanjutnya yang berasal dari Lebanon ini adalah Byblos. Bagi pecinta sejarah, kota ini menawarkan berbagai situs yang dapat menarik perhatian. Ada bukti yang mengatakan bahwa Byblos didirikan sejak 7.000 tahun yang lalu dan masih beroperasi hingga saat ini.

Sidon, Lebanon

Tak cuma Byblos dan Beirut. Ada juga Sidon yang dipercaya telah diduduki sejak 4000 hingga 6000 SM. Beberapa tokoh sejarah seperti Alexander the Great dikatakan pernah mengunjungi tempat ini. Berjarak sekitar 40 kilometer dari Beirut, kota tertua Sidon terletak di pesisir dan berfungsi sebagai pelabuhan.

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA

Related posts