5 Tanda Pelecehan Emosional Hingga Fisik dalam Hubungan

  • Whatsapp

Pelecehan mental, emosional, dan fisik dalam suatu hubungan dapat sepenuhnya menghancurkan jiwa seseorang. Pelecehan secara umum, bisa melukai korban karena kehilangan kendali atas diri mereka sendiri dan akhirnya menjadi boneka di tangan pelaku. Selain, lebih menyedihkan karena pelecehan juga bisa terjadi dalam hubungan dan pelaku adalah pasangan sendiri.

Sebelum hubungan Anda menjadi lebih buruk, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi pelecehan, seperti dilansir dari laman Times of India berikut ini.

1. Over protektif

Menjadi pelindung pasangan sangat baik tetapi ingat sesuatu yang berlebihan melewati batas justru sebaliknya,. Anda mungkin memperhatikan bahwa pasangan Anda mencoba untuk melacak apa yang Anda lakukan sepanjang hari dan mencoba untuk mencegah Anda membuat keputusan independen. Mereka akan mencoba meyakinkan Anda bahwa mereka hanya berusaha melindungi Anda dari keputusan buruk dan orang jahat, atas nama cinta.

2. Terisolasi secara sosial

Menjadi seorang introvert dan orang yang terisolasi secara sosial adalah dua hal yang berbeda. Jika pasangan Anda menolak untuk berbaur dengan orang lain dan menghentikan Anda untuk bergaul dengan orang lain, maka kemungkinan besar mereka termasuk dalam kelompok yang terakhir. Orang yang terisolasi secara sosial tidak akan menunjukkan upaya untuk berbicara dengan orang lain dan hanya menginginkan Anda untuk diri mereka sendiri.

3. Membatasi diri Amda

Membatasi teman-teman Anda, telepon Anda, mengubah kata sandi media sosial Anda, dan lainnya. Ini adalah tanda-tanda pasangan Anda tidak mempercayai Anda dan ingin mengendalikan hidup Anda sama sekali. Ini adalah jenis pelecehan emosional yang hampir tidak dapat dikenali. Mengontrol aktivitas Anda adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan pasangan Anda.

4. Pelecehan fisik

Menyakiti Anda secara fisik atau memberikan hukuman adalah tanda bahaya utama yang menunjukkan bahwa pasangan Anda adalah pelaku kekerasan. Jika saat sedang marah, mereka menimbulkan kemarahan atau rasa sakit pada Anda, maka itu adalah tanda yang jelas bahwa Anda harus segera mengambil langkah untuk keselamatan diri sendiri.

5. Bertingkah seolah-olah semuanya normal

Setelah langkah drastis seperti itu, jika pasangan Anda tenang dan bertindak seolah-olah tidak terjadi apa-apa, maka Anda perlu memikirkan kembali keputusan untuk tetap menjalin hubungan. Selain itu, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa cinta mereka kepada Anda telah meningkat.

Related posts