5 Rutinitas Perawatan Kulit Wajib untuk Mencegah Penuaan Dini

  • Whatsapp

Penuaan adalah proses alami yang dialami setiap orang. Hanya saja, ada orang yang menua dengan baik tapi ada yang mengalaminya lebih cepat. Tanda-tanda penuaan dini antara lain garis-garis halus pada kulit, bercak, pori-pori membesar, juga elastisitas menurun.

Penuaan dini sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehat, seperti pola makan dengan gizi seimbang, tidur nyenyak, dan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Berikut adalah beberapa rutinitas perawatan kulit yang dapat membantu mencegah penuaan, yang dilansir dari Times of India, Minggu, 6 Oktober 2021.

1. Perlindungan matahari

Tabir surya adalah solusi anti-penuaan terbaik karena mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Matahari bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit, antara lain bintik hitam, pigmentasi, atau bahkan kerutan. Jadi, gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30 meskipun ketika berada di dalam ruangan atau pada hari berawan. Selain mengoleskan tabir surya, gunakan perlindungan matahari lain seperti pakaian tertutup, kacamata hitam, dan topi untuk menghindari paparan sinar matahari dan melindungi kulit dari kerusakan.

2. Tidur cukup

Tubuh memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Selama tidur, aliran darah kulit meningkat dan mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan. Idealnya, setiap orang tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam per hari. Kualitas tidur yang buruk sering dikaitkan dengan penuaan.

3. Makan sehat

Makanan yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kerusakan penyebab penuaan dini. Sayur-sayuran dan buah-buahan seperti seperti bayam, sawi, paprika, brokoli, wortel, adapun buah-buahan seperti delima, blueberry, alpukat, dan sebagainya. Makanan atau minuman lain yang mengandung antioksidan tinggi adalah teh hijau dan minyak zaitun.

4. Pakai pelembap

Seiring bertambahnya usia, pemakaian pelembap semakin penting. Pelembap dapat menjebak air di kulit dan membuatnya tetap terhidrasi dan segar. Produk ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti kerutan atau garis-garis halus. Disarankan agar mengoleskan pelembab yang mengandung vitamin terutama vitamin C atau vitamin A. Bahan-bahan ini efektif mencegah kerutan terbentuk atau semakin dalam. Lebih bagus lagi jika pelembap memiliki sifat melindungi dari sinar matahari yang akan memperlambat proses penuaan.

5. Pilih produk skincare yang tepat

Ketika memilih produk perawatan kulit atau skincare untuk mencegah tanda-tanda penuaan perhatikan bahan-bahan di dalamnya. Pilih produk yang mendetoksifikasi, mengkondisikan, dan menyembuhkan kulit. Gel lidah buaya organik bersama dengan minyak esensial lavender dapat menambah oksigen yang memberi energi pada kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menunda penuaan.

Tips perawatan kulit ini tidak dapat membalikkan waktu tetapi mungkin bisa mencegah penuaan dini sehingga wajah terlihat lebih muda.

Related posts