4 Syarat Supaya Level PPKM Suatu Daerah Turun

  • Whatsapp

Pemerintah pusat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM untuk menekan mobilitas dan pada akhirnya mencegah lonjakan kasus Covid-19. Kini level PPKM di beberapa daerah berangsur turun. Dari PPKM Darurat, PPKM Level 4, PPKM Level 3, PPKM Level 2, dan seterusnya.

Ada empat syarat agar suatu daerah bisa turun level PPKM. Pertama, angka kematian kasus Covid-19 menurun; kedua, tingkat keterisian ranjang rumah sakit atau Bed Occupancy Rate berkurang; ketiga, rendahnya angka kasus aktif Covid-19; dan keempat pencapaian vaksinasi Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan lebih detail tentang syarat penurunan level PPKM dari sisi vaksinasi. “Cakupannya vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi dosis kedua,” kata Siti Nadia dalam konferensi pers daring di Jakarta, Rabu 22 September 2021.

Dari sisi vaksinasi, untuk turun dari PPKM level 3 menjadi PPKM level 2, maka cakupan vaksinasi dosis pertama minimal 50 persen dari jumlah penduduk secara umum dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia minimal 40 persen dari penduduk lanjut usia.

Untuk syarat penurunan PPKM level 2 menjadi level 1, maka cakupan vaksinasi dosis pertama 70 persen penduduk secara umum dan 60 persen vaksinasi pada lansia. “Penilaian terhadap cakupan vaksinasi aglomerasi akan mengikuti kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi terendah, seperti di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” katanya. Lantaran cakupan vaksinasi di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi belum mencapai angka 50 persen, maka keseluruhan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, belum bisa turun ke PPKM level dua.

Siti Nadia melanjutkan, kasus Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19 turun. Pada pekan ini, menurut dia, secara nasional terjadi penurunan kasus mingguan sebanyak 40 persen dan penurunan jumlah kematian sebesar 48 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya. Meski begitu, Siti Nadia mengatakan, masih ada beberapa provinsi yang memiliki kasus Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19 yang relatif tinggi, yakni Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Bangka Belitung.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, sejak September 2021, vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 10 juta suntikan per minggu. Hingga Selasa, 21 September 2021, vaksinasi mencapai 127,1 juta dosis. “Pemerintah mempercepat vaksinasi, khususnya di provinsi dengan cakupan vaksinasi dosis pertama yang masih rendah,” ujarnya.

Saat ini terdapat sepuluh 10 kabupaten/kota yang masih menerapkan PPKM Level 4. Sepuluh daerah itu adalah Aceh Tamiang, Pidie, Bangka Belitung, Padang, Banjar Baru, Banjarmasin, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Tarakan, dan Bulungan.

#jagajarak #pakaimasker #cucitanganpakaisabun

Related posts